• Kelebihan Gerinda Tangan

    Gerinda tangan adalah salah satu alat yang paling sering digunakan dalam proses produksi metalworking. Mesin gerinda tangan akan sangat bermanfaat dan sangat memberi keuntungan bila digunakan sesuai dengan prosedur yang aman. Industri manufaktur tak bisa dipungkiri senantiasa mengalami perkembangan seiring majunya zaman. Di abad modern saat ini banyak berkembang mesin canggih hingga makin memudahkan proses produksi. Kendati demikian, tak sedikit perusahaan manufaktur masih memanfaatkan penggunaan mesin konvensional seperti mesin gerinda tangan manual atas sejumlah alasan.

    Sebagaimana kita ketahui, mesin gerinda tangan adalah suatu alat ekonomis untuk menghasilkan benda kerja dengan permukaan kasar maupun halus berketelitian tinggi. Sarana ini digunakan pada tahap finishing proses produksi.  

    Mesin gerinda tangan sendiri merupakan jenis mesin perkakas digunakan untuk mengasah atau memotong benda kerja dengan tujuan tertentu. Alat ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan bahan dasar benda kerja dengan permukaan kasar maupun halus dengan akurasi tinggi. Proses penggerindaan selain bertujuan mengasah benda kerja seperti pahat atau pisau, dapat pula digunakan membentuk benda kerja seperti merapikan hasil potongan dan hasil las.

    Keuntungan dari mesin gerinda tangan ini yaitu sebagai:

    1. Dapat digunakan untuk mengasah alat pemotong agar lebih tajam lagi.
    2. Untuk menghilangkan pada sisi tajam yang ada pada benda kerja.
    3. Mampu untuk membentuk suatu profil yang ada pada benda kerja baik itu siku, elip maupun yang lainnya.
    4. Untuk alat pemotong benda kerja yang memiliki ketebalan yang cukup.
    5. Dapat untuk menghaluskan serta untuk meratakan pada permukaan yang ada pada benda kerja.
    6. Dapat membantu para pekerja dalam menyelesaikan pekerjaannya pada proses akhir atau finishing yang ada pada benda kerja itu sendiri.

    Beragam macam dari mesin ini pun tentunya juga memiliki kualitas yang beragam pula. Karena pada setiap mesin tentunya juga memiliki kegunaan yang berbeda pula. Sehingga dengan begitu maka Anda dapat untuk memilihnya sesuai dengan yang sedang Anda butuhkan.

    Menggunakan mesin gerinda tangan dilakukan dengan aman dan hati hati untuk menghindari bahaya. Gerinda tangan atau biasa disebut angle grinder adalah sebuah alat kerja yang paling banyak digunakan di proyek migas, galangan kapal, konstruksi, pabrik metal, dan termasuk di bengkel-bengkel. Gerinda tangan merupakan salah satu penyumbang terbesar dari kecelakaan-kecelakaan kerja yang sering terjadi pada pekerja lapangan di proyek-proyek migas. Karenanya di setiap proyek, team HSE (Human Safety Environment) harus pro aktif memberikan awareness dan edukasi kepada pekerja-pekerja yang terlibat tentang cara menggunakan gerinda tangan dengan aman dan selamat. Biasanya dari pekerja lapangan menggunakan gerinda tangan berdasarkan pengalaman pribadi dan bukan berdasarkan prosedur atau standard keselamatan yang berlaku.
     

    Setelah selesai menggerinda, tunggu sampai batu gerinda tangan berhenti total. Kemudian letakkan mesin gerinda tangan di permukaan yang datar dengan batu gerinda berada diatas (mengarah ke atas). Ini untuk mengantisipasi bila mesin tidak sengaja menyala, maka batu gerinda tangan yang berputar tidak mengenai benda apapun.

    Cabut kabel mesin dari stop kontak bila sudah tidak akan digunakan lagi dalam jangka waktu lama atau saat sedang mengganti batu gerinda tangan.

    Saat proses menggerinda, posisikan badan dengan nyaman dan aman. Selalu gunakan kedua tangan untuk memegang mesin.

    Jangan menekan mesin terlalu keras ke benda kerja, karena akan mengakibatkan mesin bekerja dengan berat. Biasanya ini dikarenakan batu gerinda tangan yang tidak tajam. Dengan begitu daya listrik yang dipakai akan lebih besar. Ini akan menjadi sebuah kerugian bagi Anda sebagai pengusaha.